Logo Network
Network

Penampakan 7 Pecahan Uang Rupiah Baru yang Diluncurkan Bank Indonesia

Michella Natalia
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:48 WIB
Penampakan 7 Pecahan Uang Rupiah Baru yang Diluncurkan Bank Indonesia
Pemerintah dan Bank Indonesia menggelar acara peluncuran 7 (tujuh) pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. (Foto: dok Bank Indonesia)

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022, Kamis (18/8/2022). Ketujuh uang baru tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menurut Perry, peluncuran uang Rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen kami bersama untuk menyediakan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa.

BACA JUGA : Kisah Soeharto Ketika Baru Tahu Soekarno Proklamasikan Kemerdekaan RI

"Kami ajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga, dan paham Rupiah, mari terus kita kobarkan optimisme, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju," ujar Perry, dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani berpesan Rupiah bukanl sekadar mata uang, tetapi juga menggambarkan perjalanan dari bangsa dan negara Indonesia. Berdasarkan sejarahnya, pada tanggal 30 Oktober 1946, Oeang Republik Indonesia (ORI) disahkan dan mulai berlaku, menandai babak baru bagi Indonesia yang baru merdeka.

BACA JUGA : Inilah Kondisi Dalam Rumah TKP Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Diduga Ada Barang Pelaku

"Di dalam setiap lembaran Rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia, sebuah motif spirit untuk di satu sisi adalah keberagaman, dan di sisi lain adalah kebersamaan," ucap Sri Mulyani.

Rupiah, sambung dia, adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, sehingga sudah sepantasnya harus dihormati dan dibanggakan.

"Bersama Rupiah, kita bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju," ujar Sri.

Follow Berita iNews Subang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini