Dampak Kemarau Panjang dan Pendangkalan, Produksi Ikan Darat di Pantura Subang Anjlok 60 Persen

Agus Hidayat
Aktivitas di pelelangan ikan KPD Mina Karya Bhukti. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNews.id – Produksi ikan darat dari petambak di wilayah Pantura Subang, Jawa Barat, mengalami penurunan drastis akibat kemarau panjang yang melanda selama beberapa bulan terakhir. Kondisi ini berdampak signifikan pada pasokan ikan segar ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) darat, yang anjlok hingga 60 persen.

Hal ini dirasakan di salah satu Tempat Pelelangan Koperasi Perikanan Darat (KPD) Mina Karya Bhukti, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan. Menurut Reza Sugiarto, Manager Koperasi Perikanan Darat Mina Karya Bhukti, penurunan pasokan ikan dari petambak ke pelelangan telah berlangsung selama hampir tiga bulan terakhir. 

"Di musim kemarau panjang tahun ini, pasokan ikan dari petambak mengalami penurunan sekitar 60 persen dibandingkan saat cuaca normal," ujar Reza, Kamis (10/10/2024).

Reza menjelaskan bahwa saat kondisi normal, pasokan ikan segar yang masuk ke pelelangan bisa mencapai 2 kwintal per hari. Namun, saat ini jumlahnya tidak mencapai satu kwintal. 

"Ketika petambak sedang panen, kami biasanya mendapatkan pasokan sekitar 2 kwintal sehari. Tapi sekarang, produksi ikan turun drastis, kurang dari satu kwintal per hari," kata Reza.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network