KKN di Desa Pakutandang, Mahasiswa UBK Berikan Penyuluhan PHBS & Edukasi Gizi Pencegahan Stunting

Gabril Adammara
KKN di Desa Pakutandang, Mahasiswa UBK Berikan Penyuluhan PHBS & Edukasi Gizi Pencegahan Stunting. (Foto: Istimewa)

“Penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang pentingnya gizi agar terhindar dari stunting. Antusiasme masyarakat sangat terlihat selama kegiatan berlangsung,” ungkapnya. 

Selain edukasi gizi, pada Sabtu, (31/8/2024), mahasiswa KKN UBK juga mengadakan penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penyuluhan ini bertujuan agar masyarakat mampu secara mandiri mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang sehat. Mahasiswa dan dosen juga memberikan imbauan kepada warga agar waspada terhadap kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui gerakan 3M Plus, yaitu menguras, menutup, dan mengubur barang-barang bekas.

Dalam upaya lebih lanjut mencegah DBD, mahasiswa KKN memperkenalkan inovasi produk bernama Misewang, yaitu spray anti-nyamuk alami yang terbuat dari bahan-bahan mudah didapatkan. Spray ini berfungsi untuk membantu mencegah gigitan nyamuk. 

Kepala Dusun Cipaku, Arif Saefudin A., kembali menyampaikan terima kasih atas inisiatif tersebut. “Inisiatif ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang PHBS, terutama dalam pencegahan DBD, yang saat ini banyak terjadi di wilayah kami,” ujarnya.

Kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat Desa Pakutandang, baik dari segi kesehatan maupun kesejahteraan.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network