get app
inews
Aa Read Next : Isak Tangis Keluarga Warnai Pelepasan Ratusan Calhaj Kloter 10 KJT Asal Subang

Inilah 10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, No 1 Hartanya Tembus Rp1000 Triliun

Senin, 23 Mei 2022 | 07:43 WIB
header img
Daftar 10 Pemimpin Negara terkaya di dunia. (Foto: iNews.id/Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Elon Musk, menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan US$219 miliar. Lalu disusul oleh Jeff Bezos dengan total kekayaan US$171 miliar. Di posisi ketiga ada Bernard Arnault dan keluarga yang merupakan pemilik Louis Vuitton dan Sephora dengan kekayaan senilai US$158 miliar.

Namun siapakah pemimpin negara terkaya di dunia saat ini. iNewsSubang.id coba merangkum 10 besar Presiden/Raja terkaya di dunia dari berbagai sumber.

BACA JUGA : 5 Bisnis di Tahun 2022 yang Cukup Menjanjikan, No 4 Tanpa Modal

Berikut urutan dari terbawah :

10. Mohammed VI

Raja Maroko yang naik takhta sejak kematian ayahnya, Raja Hassan pada 1999 lalu ini memiliki kekayaan bersih sebesar 2,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp30,75 triliun.

Setelah diangkat menjadi raja, dia berjanji menghapus dan menangani korupsi serta menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penanganan HAM.

BACA JUGA : Video Kuliner Mie 100 Cabai di Subang Mengguggah Selera Pecinta Pedas

9. Tamim bin Hamad al-Thani

Tamim memerintah Qatar sejak 2013. Tahun pertama kepemimpinannya berjalan kurang baik, di mana Qatar mengalami konflik dengan negara-negara Teluk lainnya. Bahkan pada 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar, dan memberlakukan blokade ekonomi.

Namun, akhirnya di Tamim berhasil memperbaiki hubungan antara Qatar dan negara Teluk. Saat ini diketahui total kekayaan bersih pemimpin Qatar ini sebesar 2,6 miliar atau setara Rp38 triliun.

8. Sebastian Pinera 

Sebastian adalah presiden Chili. Posisinya sekarang ini menyusul keputusan politiknya pada periode Desember 2014. Selain sebagai politikus, dia adalah pengusaha, manajer keuangan, dan analis pasar. Kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar 2,9 miliar atau sekitar Rp42,5 triliun. 

7. Hans-Adams II

Hans-Adams II adalah pemimpin Liechtenstein, di kawasan Eropa. Meski memiliki wilayah kekuasaan kecil, namun rajanya dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai total 3,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp51,25 triliun. 

BACA JUGA : Video Kuliner Seblak Cobek di Subang Rasanya Juara

Kekayaan hans-Adams II didapat dari kepemilikan sejumlah lahan, bank swasta, dan investasi yang ekstensif. Dia juga memiliki sejumlah koleksi karya seni yang dipajang di sebuah museum umum di Vaduz dan Wina, Austria.

6. Mohammed bin Rashid al-Maktoum

Mohammed bin Rashid al-Maktoum adalah penguasa Dubai. Dia berperan dalam perubahan total Dubai. Di bawah kepemimpinannya, Dubai bertransformasi menjadi kota kelas dunia. 

BACA JUGA : Inilah Riwayat Kenaikan Harga BBM Dari Masa Kepemimpinan Soeharto Hingga Presiden Jokowi

Dia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp205 triliun.

5. Khalifa bin Zayed al-Nahyan

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) yang baru wafat pada 13 Mei 2022 lalu di usia 74 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 18 miliar dolar AS atau setara Rp263,5 triliun.

Pasca meninggalnya, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed Al Nahyan menggantikannya.  Khalifa al-Nahyan dikenal dengan gaya hidup yang sederhana. Semasa hidupnya, dia mengendalikan 97,8 miliar barel cadangan minyak di UEA. Asetnya mencapai 830 miliar dolar. Selain itu, dia juga mengelola harta keluarga yang ditaksir mencapai 627 miliar dolar AS. 

BACA JUGA : Inilah Arti Kata Ura yang Sering Dikatakan Vladimir Putin

4. Salman bin AbdulAziz al-Saud

Raja Arab Saudi ini memiliki kekayaan bersih senilai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp292,84 triliun. Raja kelahiran 31 Desember 1935 ini menjadi pemimpin Arab Saudi pada usia 80 tahun setelah saudara tirinya wafat.  

Raja Salman juga diketahui memiliki properti di sejumlah negara seperti sejumlah apartemen di Paris, Istana di Marbella, Spanyol dan Tangier, serta Maroko.

3. Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei Darussalam ini merupakan pemimpin negara yang hidup dengan segala kemewahan yang dimilikinya. Dia memiliki rumah pribadi terbesar di dunia dan diketahui menerbangkan Boeing 747-400 miliknya sendiri. 

Sultan Hassanal Bolkiah juga mengoleksi 7.000 mobil mewah yang mayoritas bermerek Rolls Royces, Mercedes dan Ferrari. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 20 miliar dolar AS atau Rp292,84 triliun.

BACA JUGA : Nyamar Jadi Tukang Durian, Prajurit Kopassus Berhasil Menyusup ke Sarang Musuh

2Maha Vajiralongkorn

Posisi kedua ditempati oleh Raja Thailand saat ini, yaitu Raja Maha Vajiralongkorn. Putra tunggal mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit dikenal memiliki reputasi yang sangat baik meskipun kerap muncul kotroversi mengenai kehidupan pribadinya. Kekayaannya diperkirakan menyentuh 30 miliar dolar AS atau lebih dari Rp439,3 triliun.

1. Vladimir Putin 

Menjadi pemimpin yang paling mendapat sorotan karena invasinya ke Ukraina, presiden Rusia ini diprediksi merupakan kepala egara terkaya di dunia. Kekayaannya diperkirakan mencapai 70 miliar dolar AS atau sekitar Rp1.025 triliun. 

 

 

Artikel ini sebelumnya terlah terbit dengan judul : Deretan Presiden Terkaya di Dunia: Paling Tajir Putin, Segini Kekayaannya

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut