get app
inews
Aa Read Next : Siap-siap, Pemerintah Keluarkan Sinyal Menaikkan Harga Pertalite dan Solar

Inilah Riwayat Kenaikan Harga BBM Dari Masa Kepemimpinan Soeharto Hingga Presiden Jokowi

Rabu, 13 April 2022 | 20:26 WIB
header img
Riwayat kenaikan harga BBM dari masa ke masa. (Foto: Yudy H Juanda)

JAKARTA, iNews.id - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di tanah air tergantung dengan harga minyak dunia. Apalagi pemerintah melakui PT Pertamina masih mengimpor minyak untuk kebutuhan dalam negeri. Tentunya hal tersebut dipastikan jika harga minyak dunia naik, harga BBM di tanah air juga mengalami kenaikan.

Tidak hanya di jaman Presiden Jokowi, kenaikan harga BBM juga sudah terjadi sejak jaman kepemimpinan Soeharto.

Berikut riwayat kenaikan harga BBM sejak masa kepemimpinan Soeharto hingga Presiden Jokowi :

Stok Daging Sapi Kosong, Bulog Subang Tawarkan Daging Kerbau Jadi Alternatif

Masa Presiden Soeharto

Sejak era kepemimpinan Soeharto di tahun 1991, misalnya, harga BBM naik dari level Rp150 per liter menjadi Rp550 per liter. Kemudian, harga BBM kembali naik pada 1993 menjadi Rp700 per liter. Kenaikan kembali terjadi pada 1998, di mana harga BBM kala itu meningkat menjadi Rp1.200 per liter.

Meningkatnya harga BBM pada tahun tersebut disebabkan adanya krisis ekonomi yang dahsyat. Diketahui pula, Presiden Soeharto lengser di tahun tersebut usai mendapat protes keras dari mahasiswa.

Satu-satunya presiden yang tidak menaikkan harga BBM adalah B.J Habibie. Presiden ke tiga ini justru menurunkan harga BBM, dari Rp1.200 per liter, menjadi hanya Rp1.000 per liternya. 

BACA JUGA : Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 Dilantik Presiden

Masa Presiden Abdurrahman Wahid

Setelah masa jabatan Habibie selesai dan digantikan oleh Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, harga BBM kembali turun menjadi Rp600 per liter. Sayangnya, harga BBM dinaikkan menjadi Rp1.150 per liter pada Oktober 2000. Tak lama, harganya naik lagi menjadi Rp1.450 per liter.

Masa Presiden Megawati

Kemudian, saat Ketika Presiden Megawati Soekarnoputri memegang kendali negara, harga BBM yang semula Rp1.450 per liter, melambung menjadi Rp1.550 per liter. Pada tahun 2003, harga BBM kembali melonjak menjadi Rp1.800 per liter. 

Masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Masuk ke masa pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), harga BBM tercatat mengalami kenaikan sebanyak 3 kali. Di masa awal pemerintahannya, SBY menaikkan harga BBM menjadi Rp1.820 per liter. Lalu naik lagi menjadi Rp2.400 pada 1 Maret 2005.

BACA JUGA : 16 Camat di Kabupaten Subang Dirotasi, Yuk Kenali Siapa Saja

Selang 7 bulan, SBY memutuskan harga BBM naik, yaitu jadi Rp4.500 per liter. Harga BBM di masa SBY cukup fluktuatif. Terutama, menjelang akhir masa jabatannya. Pada tahun 2008, misalnya, harga BBM meningkat menjadi Rp8.000 per liter.

Kemudian, turun menjadi Rp5.000 per liter di tahun yang sama.  Memasuki tahun 2009, harga BBM kembali mengalami penurunan menjadi Rp4.500 per liter. Akan tetapi, kembali melonjak di tahun 2013 ke level Rp6.500 per liter.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut