get app
inews
Aa Read Next : Semangat Nelayan Subang Kembali Hidup Usai Dapat Kredit Mesin Bergulir dari PHE ONWJ

Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Gelar Forum IIA 2024 di ITS

Rabu, 09 Oktober 2024 | 11:58 WIB
header img
Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Gelar Forum IIA 2024 di ITS. (Foto: Istimewa)

Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa berkomitmen memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dengan tetap menjaga keberlanjutan lingkungan. Di wilayah kerja ONWJ (Onshore North West Java), yang dikelola Pertamina Hulu Energi ONWJ (PHE ONWJ), telah dipersiapkan sebagai salah satu lokasi implementasi CCS/CCUS (carbon capture and storage/carbon capture, utilization and storage).

CCS/CCUS adalah teknologi mitigasi pemanasan global dengan mengurangi emisi CO2, yang dilakukan dengan menangkap dan menyimpan emisi gas karbon dioksida dari industri. Teknologi ini diyakini mampu mendukung peningkatan produksi migas sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca. 

“Komitmen Pertamina dalam mendukung lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan akan terus kita jalankan,” ujar Indra.

Proyek CCS membuka peluang kerja yang besar, membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah banyak, serta fasilitas pendukung dekat laut dan transportasi kapal. Indra mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mereka agar dapat berkontribusi dalam pengelolaan migas yang berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Muzwir Wiratama, General Manager PHE ONWJ, yang menekankan pentingnya sumber daya manusia dari berbagai bidang teknik untuk mendukung operasional PHE ONWJ. 

PHE ONWJ siap membantu pemerintah mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2030 atau lebih cepat. Strategi yang dilakukan meliputi efisiensi energi, manajemen bahan bakar, pemanfaatan suar bakar sebagai bahan bakar turbin generator, penggunaan biodiesel B35 untuk kapal lepas pantai, penanaman mangrove, hingga penerapan CCS.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut