get app
inews
Aa Read Next : Utamakan Kesehatan Bayi, NICU RSUD Subang Berikan Dukungan Psikososial untuk Keluarga Pasien

Inilah Alasan Dedi Mulyadi Memilih Tinggal di Desa, Patut Dicontoh Pejabat Tanah Air

Sabtu, 20 April 2024 | 10:14 WIB
header img
Pagelaran pentas sastra, seni, dan tari di Lembur Pakuan, Subang dihadiri ribuan warga. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Hibur masyarakat, Dedi Mulyadi menggelar pagelaran pentas sastra, seni, dan wayang di Taman Bunisora, Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (19/4/2024) malam. Kegiatan yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi tersebut dihadiri oleh ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Barat. 

Taman Bunisora sendiri merupakan areal terbuka yang dibangun oleh Kang Dedi Mulyadi (KDM) dengan arsitektur khas Sunda. Taman ini dibangun sebagai tempat interaksi warga dalam bentuk panggung terbuka dihiasi oleh berbagai ornamen cantik yang memanjakan mata.

Selain menampilkan berbagai kesenian dan tari, dalam acara Nyoreang Lampah Kasorang tersebut, Dedi Mulyadi juga menampilkan wayang golek dengan 4 dalang sekaligus. Dalang yang tampil yaitu, Dadan Sunandar Sunarya, Wawan Dede Amung S, Iman Cecep Supriadi, dan Khanha Ade Kosasih Sunarya. 

Menurut Dedi Mulyadi dalam sambutannya, penampilan 4 dalang ini bukan tanpa makna. Melainkan melambangkan Papat Kalimat Tunggal yaitu tanah, air, matahari, dan angin. 

"Empat dalang ini melambangkan apa? Melambangkan papat kalimat tunggal, taneuh, cai, panon poe, angin. Gunung kudu awian, lengkob kudu balongan, lebak kudu sawahan. Prinsip dasar kahirupan Kahuripan," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, KDM menjelaskan alasan dirinya tinggal di Desa. Seperti diketahui, selama ini KDM tinggal di Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang merupakan tempat kelahirannya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut