get app
inews
Aa Read Next : Bawa Tour Pejabat ke Solo-Jogja, Formassi Tuntut Imran Mundur dari Pj Bupati Subang

Pujian dan Harapan Ketua Baznas untuk Bupati Ruhimat di Acara Peresmian Kantor Baznas Subang

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 21:42 WIB
header img
Bupati Subang Ruhimat meresmikan gedung baru Baznas Kabupaten Subang. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Bupati Subang meresmikan Gedung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang dan Pendistribusian Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS), di Kantor Baznas Kabupaten Subang, Jumat (06/10/2023).

Menurut Ketua Baznas Subang, KH. Musyfiq Amrullah, dapat dibangunnya gedung baru Baznas Subang tidak lepas dari dukungan Bupati Ruhimat kepada Baznas Kabupaten Subang.

"Alhamdulillah akan diresmikan gedung baru Baznas Kabupaten Subang. Saya sampaikan ke Pak Bupati dan beliau merespon dengan menambah dana hibah bagi Baznas Kabupaten Subang dan bisa berdiri gedung baru," ujarnya. 

KH. Musyfiq juga mengharapkan bahwa sebelum berakhirnya masa jabatan Kang Jimat sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, regulasi yang mendukung pengumpulan zakat di Baznas Kabupaten Subang dapat dibuat. Terlebih lagi, Ruhimat telah memberikan contoh dengan mendonasikan seluruh gajinya sebagai Bupati kepada Baznas Kabupaten Subang.

"Bupati sendiri sudah memelopori tiap bulan gajinya penuh langsung masuk ke Baznas. Beliau sama sekali tidak pernah memegang gaji beliau karena langsung masuk ke Baznas. Sebelum Pak Bupati mengakhiri jabatannya bisa membuat aturan yang bisa mendukung program pengumpulan zakat bagi ASN di Kabupaten Subang," katanya. 

Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat KH. Anang Djauharudin membenarkan pernyataan Ketua Baznas Subang. Bahkan Ruhimat sudah menginfaqkan gajinya sejak awal menjadi Bupati.

"Saya saksinya, sejak bulan pertama sejak beliau menjadi Bupati Subang, gajinya mutlak diberikan kepada fakir miskin melalui Baznas Kabupaten Subang," imbuhnya. 

Sementara menurut Ketua Baznas Pusat, H. Rijaluddin, menjelaskan bahwa Baznas tidak akan menyalurkan bantuan di luar daerah di mana zakat dan infaq dikumpulkan agar dana dari umat betul-betul digunakan untuk kesejahteraan umat setempat.

"Di mana zakat diterima di situlah zakat tersebut dihabiskan. Jadi zakat yang dikumpulkan di Subang harus dibagikan di Subang," jelasnya. 

H. Rijaluddin juga mengaku bangga dengan Bupati Ruhimat yang merupakan salah satu teladan dalam hal zakat karena menurutnya tidak banyak pimpinan daerah yang memiliki kesadaran zakat. 

"Pimpinan Daerah pendukung zakat di Indonesia. Tidak banyak yang seperti beliau. Semoga dapat ditiru oleh semua pihak utamanya oleh masyarakat," ucapnya. 

Bupati Ruhimat mengucapkan selamat atas dibangunnya gedung baru Baznas Subang dan berharap gedung baru tersebut mampu mendatangkan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Subang.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah mengucapkan selamat atas dibangunnya gedung ini semoga bisa membawa manfaat sehingga Baznas Kabupaten Subang semakin produktif dan bermanfaat untuk masyarakat Subang," tuturnya. 

Ruhimat mengaku Baznas Kabupaten Subang memiliki peran yang sangat besar dalam membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam upaya memulihkan perekonomian.

"Baznas juga memiliki program pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi produktif, yang sangat membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian daerah," katanya. 

Terkait dirinya yang mendapat penghargaan Pimpinan Daerah Peduli Zakat, Ruhimat mengaku apa yang Ia lakukan hanya bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepadanya dan keluarga.

"Saya mencoba mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada saya. Semoga apa yang saya lakukan bisa menjadi pertolongan Allah di yaumul akhir," ujarnya. 

Selanjutnya, Ruhimat mengarahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang dan staf BUMD Subang untuk memberikan dukungan dalam pengumpulan zakat ke Baznas Kabupaten Subang dengan mengeluarkan regulasi yang terperinci.

"Saya menghimbau kepada Pak Sekda untuk buatkan regulasi ASN di Kabupaten Subang agar zakat dilakukan dengan payroll ke Baznas. Khusu untuk BUMD sebelum setoran PAD saya minta 2,5% disisihkan dulu untuk zakat melalui Baznas Kabupaten Subang," imbaunya. 

Ruhimat berharap Baznas terus memberikan bantuan berupa pemberdayaan sehingga para penerima manfaat kelak bisa menjadi pemberi manfaat.

"Rakyat Subang sangat menutuhkan pemberdayaan. Mudah-mudahan penerima zakat hari ini bisa menjadi pemberi zakat di masa mendatang namun itu semua memerlukan kerja keras dari semua pihak," pungkasnya. 

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan UMKM, penyerahan bantuan kaki palsu kepada kaum disabilitas, dan penyerahan penghargaan kepada UPZ Kecamatan Subang, UPZ Kecamatan Jalancagak, serta UPZ Kecamatan Ciater oleh Ruhimat didampingi seluruh pejabat yang hadir.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut