Dukung Program Asta Cita, Kementerian BUMN Gelar Workshop Pemanfaatan Teknologi AI di Media Sosial

Yudy Heryawan Juanda
Dukung Program Asta Cita, Kementerian BUMN Gelar Workshop Pemanfaatan Teknologi AI di Media Sosial. (Foto: Istimewa)

PADANG, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN, khususnya dalam memanfaatkan teknologi digital dan Artificial Intelligence (AI) untuk media sosial secara merata di seluruh Indonesia. Pernyataan ini disampaikan dalam workshop bertajuk "Navigating the Future of Social Media with AI Technology" yang diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai BUMN.

Acara yang berlangsung pada 3-4 Januari 2025 ini menjadi platform untuk berbagi ilmu dan inspirasi, membahas tren terbaru di dunia media sosial yang semakin dipengaruhi oleh teknologi AI.

Staff Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan bahwa dengan kehadiran AI dapat dimanfaatkan untuk mempercepat kinerja. 

"Hari ini kita dimudahkan dengan hadirnya AI, mempercepat kita dalam bekerja. Untuk itu, mulai tahun ini kita akan banyak belajar dengan teknologi, diharapkan semua BUMN dapat mengglorifikasi apa saja yang menjadi program pemerintah, Asta Cita Presiden," ujarnya. 

Ia juga menekankan pentingnya membangun narasi yang efektif dalam komunikasi, terutama melalui strategi campaign berbasis fear and hope. 

“Sebagai komunikator untuk memajukan BUMN, teman-teman paham bagaimana programnya, mana yang butuh promosi, mana yang perlu inovasi. Kita cari angle-angle untuk membangun komunikasinya dengan tujuan akhirnya meningkatkan ekonomi Indonesia,” tambah Arya.

Kota Padang dipilih sebagai lokasi pertama dalam rangkaian workshop ini. Bertempat di The ZHM Premiere, acara ini digelar atas kolaborasi Kementerian BUMN dengan sejumlah BUMN seperti PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG, dan Pupuk Indonesia.

Workshop ini mencakup berbagai sesi, salah satunya sharing session yang dipandu oleh Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia. Ia memaparkan bagaimana teknologi AI dapat mengubah cara content creator dan brand berinteraksi dengan audiens, mulai dari proses ide hingga penulisan naskah.

Sementara itu, Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbagi pengalaman tentang peningkatan engagement dan manajemen sumber daya manusia melalui program BRI Creator Hub.

Dalam rangkaian acara, peserta juga diajak mengunjungi aset pembangkit PLN Indonesia Power UBP Teluk Sirih. Di lokasi ini, peserta melihat langsung inovasi seperti co-firing untuk transisi energi hijau, pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) dalam ekonomi kerakyatan, serta dukungan terhadap ketersediaan listrik bagi Satuan Pelayanan Gizi.

Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah pejabat seperti Ajrun Karim (General Manager PLN UID Sumatera Barat), Eko Tjahjono (Manager Angkutan Barang KAI Divre II Sumatera Barat), M. As'ad Habibudin (Kepala Humas KAI Divre II Sumatera Barat), Iskandar Z Lubis (Corporate Secretary Semen Padang), dan Nur Anita Rahmawati (SM Communication Semen Padang), serta influencer BUMN dari Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Workshop ditutup dengan sesi ramah tamah serta pemberian penghargaan kepada peserta terbaik. Muhammad Ikbal dari Pelindo meraih juara kategori individual content, sementara Kelompok 4 dinobatkan sebagai juara kategori group content.

Melalui workshop ini, Kementerian BUMN berharap semua peserta dapat mengimplementasikan teknologi AI untuk mendukung program pemerintah dan meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network