Inilah Alasan Batik Megamendung Terpampang di Gerbang Alun-Alun Subang

Tim iNews.id
Design gerbang alun-alun Benteng Pancasila Subang. (Foto: Istimewa)

"Kemudian keadaan topografi tersebut juga di terapkan pada pola gradasi warna gerbang yang menggambarkan keadaan topografi tersebut yaitu ada gradasi warna biru yang semakin keatas semakin memudar menggambarkan keadaan topografi semakin ke atas semakin tinggi yang kemudian di akhiri dengan warna hijau yang melambangkan pegunungan dan warna orange mega mendung yang merupakan ciri khas Jawa Barat pula," ujarnya. 

Selain itu, Bambang menjelaskan untuk design pendopo di alun-alun memiliki konsep bangunan Sunda dapat dilihat dari atapnya yang mengadopsi atap julang ngapak serta elemen sunda lainnya dapat dilihat adanya capit gunting pada setiap ujung atapnya serta pada kolom pendopo ini terdapat ornament ukir bermotif kulit nanas. 

"Kemudian pada atap pendopo ini terdapat mahkota yang mengadopsi pada bangunan heritage Wisma Karya. Kemudian pada pada bagian samping kiri dan kanan Pendopo terdapat tugu kujang yang merupakan salah satu pusaka dari jawa barat yang menjadi ciri dari khas dari logo Provinsi Jawa Barat," tegasnya. 

Sementara pada design air mancur ini terdapat sebuah tugu yang menggambarkan sebuah siluet buah nanas yang telah di iris sehingga tidak menyerupai aslinya, mengingat tugu nanas yang memiliki bentuk persis seperti aslinya sudah ada maka kami membuat bentuk seperti nanas yang telah di iris. 

Siluet nanas digunakan pada tugu air mancur ini karena buah nanas merupakan salah satu komoditas hasil alam yang cukup membawa nama subang terkenal dengan nanasnya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network