get app
inews
Aa Read Next : Seskoau Gelar Lomba Menembak dalam Rangka HUT ke-61

HUT Ke-61 Seskoau, KSAU Berpesan Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kamis, 01 Agustus 2024 | 19:00 WIB
header img
Upacara HUT Seskoau ke 61. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 tahun 2024 dengan mengadakan upacara yang dipimpin oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Eding Sungkana, sebagai Inspektur Upacara. Upacara tersebut berlangsung di lapangan Widya Ambara Seskoau, Lembang, Bandung Barat, pada Kamis (1/8/2024).

Upacara ini dihadiri oleh para pejabat, dosen, dan Patun Seskoau serta perwira, bintara, tamtama, pegawai negeri sipil, dan para Pasis Seskoau Angkatan 61 TP 2024.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, yang dibacakan oleh Danseskoau Marsda TNI Eding Sungkana, menyatakan bahwa dinamika lingkungan strategis global terus menghasilkan tantangan baru yang semakin kompleks terhadap peperangan modern. Hal ini memiliki dampak signifikan terhadap Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan udara nasional. Meningkatnya intensitas persaingan kekuatan besar dengan militer modern memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap geopolitik dan geoekonomi di berbagai belahan dunia.

Selain itu, perkembangan teknologi militer juga menghadirkan tantangan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Contohnya adalah pemanfaatan teknologi kuantum di bidang pertahanan, seperti komputasi kuantum, penginderaan kuantum, dan komunikasi kuantum, yang akan memberikan keunggulan strategis bagi negara yang mampu mengeksploitasi teknologi tersebut.

"Berbagai hal tersebut menimbulkan konsekuensi dan ancaman dampak disruptif, yang menuntut Angkatan Udara tidak hanya memperbarui taktik dan strategi militer. Tapi harus menguasai teknologi terkini agar relevan dengan perkembangan peperangan modern. Kondisi inilah yang sejatinya juga menjadi tantangan bagi Seskoau," ujar KSAU. 

Lebih lanjut, disampaikan bahwa sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI Angkatan Udara dengan semboyan "Center of Excellence on Air and Space Science," Seskoau memiliki peran besar dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara AMPUH. Ini berarti menciptakan Angkatan Udara yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis.

“Oleh karena itu Seskoau harus turut berperan serta dalam mengkaji perkembangan lingkungan strategis. Khususnya yang terkait dengan kedirgantaraan dan antariksa, untuk kemudian dapat di-implementasi-kan dalam penyempurnaan perangkat lunak maupun doktrin tingkat TNI Angkatan Udara,” tegasnya.

Kasau juga berharap agar Seskoau senantiasa meningkatkan mutu pendidikan, mulai dari penyesuaian kurikulum hingga peningkatan kualitas tenaga pendidik. Dengan demikian, relevansi antara sistem pendidikan dan kompleksitas tantangan perang modern dapat terjamin.

"Saya optimistis Seskoau akan terus tumbuh semakin professional dan unggul, menjadi TNI Angkatan Udara yang ampuh dalam menjaga kedaulatan negara di udara. Terima kasih kepada Komandan Seskoau, para dosen, para patun, para staf, dan seluruh sivitas akademika Seskoau, atas dedikasi dan integritas yang telah diberikan, hingga Seskoau dapat terus berkarya hingga sekarang," harapnya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut