get app
inews
Aa Read Next : 1150 Jemaah Calon Haji Subang Ikuti Bimbingan Manasik Haji di Gedung Islamic Center

Pertamina EP Field Subang Latih Pelajar Kelola Limbah Rumah Tangga Menjadi Bernilai Ekonomi

Senin, 12 Februari 2024 | 15:53 WIB
header img
Pertamina EP Field Subang latih pelajar untuk kelola limbah rumah tangga. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.idPertamina EP (PEP) Field Subang mengajak pelajar di Kecamatan Compreng untuk mengelola limbah skala rumah tangga. Mulai tahun 2024, PEP memberikan sosialisasi dan pelatihan dalam Program Purnama Goes to School di lima sekolah, termasuk Madrasah Ibtida’iah Bahrul Huda, SMA Negeri 1 Compreng, SMKN 1 Compreng, SMPN 2 Compreng, dan SMP Negeri 1 Compreng.

Tujuan utamanya adalah agar siswa memahami permasalahan limbah rumah tangga serta strategi untuk mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai guna dan ekonomi. Program Purnama Subang, yang merupakan singkatan dari Purna Pekerja Migran Indonesia Berdaya Bersama Subang, adalah program pemberdayaan bagi para purna pekerja migran di Desa Compreng.

Dengan bekerja sama dengan mitra binaan Purnama Subang yang merupakan bagian dari kelompok Indonesian Migrant Workers Association (IMWA) sebagai narasumber, berbagai materi dibahas, termasuk jenis-jenis sampah, permasalahan terkait sampah, serta solusi untuk mengatasi masalah sampah melalui pembuatan sabun dari eco enzyme dan minyak jelantah.

Menurut Head of Communication, Relation & CID Zona 7, Wazirul Luthfi, dalam kegiatan Purnama Goes To School ini, siswa tidak hanya menerima materi, tetapi juga melakukan praktik pembuatan sabun dari eco enzyme dan minyak jelantah. Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan masalah limbah B3, seperti popok sekali pakai, dan cara mengolahnya menjadi pot.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut