get app
inews
Aa Read Next : Terdampak Gempa Sumedang, Anggota DPRD Subang Imbau Warga Tanjungsiang Tidak Panik

Dampak Gempa Sumedang, Puluhan Rumah di Tanjungsiang Subang Rusak

Selasa, 02 Januari 2024 | 20:55 WIB
header img
Dinding rumah warga di Desa Cikawung, Tanjungsiang, Subang ambruk akibat gempa Sumedang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Sebanyak 35 rumah di Desa Cikawung, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat rusak setelah diguncang gempa Sumedang pada Senin (1/1/2024) malam kemarin. 

Puluhan rumah warga tersebut mengalami kerusakan karena berada di perbatasan dengan Kabupaten Sumedang yang menjadi pusat gempa. Dari 35 rumah tersebut, tujuh diantaranya mengalami kerusakan berat. 

Sebagian besar rumah mengalami retak-retak. Bahkan keretakan cukup parah dan dikhawatirkan akan ambruk jika terjadi kembali gempa susulan. Selain itu juga dinding rumah warga bagian jendela depan ambruk akibat gempa tersebut. 

Menurut Kepada Desa Cikawung, Didi Gumilar, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, satu keluarga terpaksa dievakuasi ke rumah tetangga karena kondisi rumahnya mengalami keretakan di hampir bagian dinding rumah dengan kondisi parah. 

"Sementara ada satu rumah yang dievakuasi ke rumah tetangga sebelah, karena ditakutkan ada gempa susulan. Kalau ada gempa susulan rumah tersebut akan roboh karena kondisinya retak parah," ujarnya kepada iNewsSubang.id, Selasa (2/1/2024). 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun masyarakat diimbau untuk waspada jika terjadi gempa susulan. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut