Logo Network
Network

Warga Desa Muara Subang Gotong Royong Normalisasi Saluran Tambak

Agus Hidayat
.
Minggu, 26 November 2023 | 22:27 WIB
Warga Desa Muara Subang Gotong Royong Normalisasi Saluran Tambak
Petani tambak gotong royong lakukan normalisasi. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNewsSubang.id - Memasuki musim penghujan, warga Desa Muara, Kecamatan Blanakan, Subang bergotong royong melakukan normalisasi saluran irigasi yang berada di areal tambak. Normalisasi tersebut dilakukan untuk mencegah banjir akibat saluran yang sudah dangkal. 

Sedikitnya 3 saluran irigasi yang berada di areal tambak yang dinormalisasi masyarakat bersama Pemerintah Desa Muara. 

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Muara, Lili Mulyana, saluran yang telah dinormalisasi yaitu sepanjang satu kilometer. Kini setelah dilakukan normalisasi, aliran air lun sudah mulai lancar. 

"Alhamdulilah pendangkalan di tiga saluran di wilayah areal tambak Desa Muara kondisi saluran air sudah mulai lancar tak alami pendangkalan setelah di lakukan pengangkatan lumpur meski menggunakan tenaga dan alat manual," ujarnya. 

Lili menambahkan, puluhan petani pembudidaya tambak yang turun membantu melakukan normalisasi menggunakan alat manual seperti cangkul dan pengki untuk menggali dan mengangkat lumpur di saluran irigasi tersebut. 

"Meskipun belum maksimal, dalam upaya normalisasi saluran dalam upaya pencegahan banjir memasuki musim penghujan karena di memprediksi jika di awal bulan Desember 2023 ini sudah mulai memasuki musim penghujan," katanya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.