get app
inews
Aa Read Next : Jelang Mudik Lebaran 2024, Warung Musiman Mulai Dibangun di Jalur Pantura Subang

Ribuan Petani di Pantura Subang Demo ke PT SHS, Ternyata Ini Penyebabnya

Selasa, 03 Oktober 2023 | 19:46 WIB
header img
Ribuan petani berunjuk rasa ke kantor PT Sang Hyang Seri Subang. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNewsSubang.id - Sekitar 1000 petani di pantura Subang, Jawa Barat mendatangi kantor PT Sang Hyang Seri (SHS) regional I di Sukamandi, Kecamatan Ciasem, Subang, Selasa (3/10/2023). Mereka berunjuk rasa karena kesal dengan kebijakan perusahaan milik BUMN tersebut yang dianggap merugikan petani. 

Dalam unjuk rasa itu massa petani membawa spanduk dan poster yang mengecam kebijakan perusahaan. Pasalnya kini petani yang menyewa lahan PT SHS semakin merugi. 

Menurut koordinator aksi, Wamad (45) mereka menuntut agar PT SHS menurunkan harga sewa lahan yang saat ini dinilai mahal yaitu 2,3 ton perhektare setiap panen. Selain itu petani juga menginginkan harga serap gabah petani lebih tinggi yang saat ini Rp6.900 perkilogram menjadi Rp7.300 perkilogram. 

"Sebenarnya tuntutan kami sederhana, kami hanya menuntut hak kami. Hak kami itu adalah upah yang kami terima berupa padi itu kembalikan, jangan persulit tentang bawor, itu aja yang pertama," ujarnya kepada iNewsSubang.id.

"Yang kedua turunkan harga sewa, karna harga sewa terlalu mahal bagi kami. Yang ketiga tuntutan kami adalah tolong Kepada para pemangku kebijakan sesuaikan harga dengan pasaran," tambah Wamad. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut