get app
inews
Aa Read Next : Imran Resmi Jabat Pj Bupati Subang, Berikut Profil dan Riwayat Jabatannya

Bupati Ruhimat : Alun-Alun Subang Tunjukkan Ciri Khas Subang dan Jawa Barat

Jum'at, 15 September 2023 | 21:17 WIB
header img
Bupati Subang Ruhimat meninjau progres pembangunan alun-alun Subang. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Bupati Subang Ruhimat melakukan peninjauan terhadap perkembangan pembangunan Alun-alun Subang, Jumat (15/9/2023). Bupati pada kesempatan tersebut menginspeksi berbagai fasilitas yang telah dibangun, termasuk Pendopo, food court, lapangan parkir, dan hampir selesai dibangunnya skate park.

"Alun-alun Subang dihiasi dengan berbagai ornamen menarik, termasuk Kujang, senjata asli Jawa Barat, Singa sebagai ikon Kabupaten Subang, serta berbagai simbol yang mencerminkan tiga ciri geografis unik Kabupaten Subang: dataran tinggi, dataran rendah, dan wilayah pesisir laut," ujar Ruhimat. 

Alun-alun Benteng Pancasila Subang sendiri dibangun dengan memiliki berbagai spot dan bangunan, yaitu gerbang utama, pendopo upacara, air mancur, gedung pengelola, area kuliner, amphitheater, playground, pedestrian, joging track, dan sclupture & area skatepark.

Menurut Kabid Fisik BP4D, Bambang Supalar, selain icon Kabupaten Subang, beberapa icon di Jawa Barat juga dipasang di alun-alun Subang. Pasalnya, pembangunan alun-alun merupakan proyek dari Pemprov Jabar. 

Pada desain alun-alun Benteng Pancasila ini, Bambang menambahkan, mengambil konsep besar yaitu melihat pembagian peta Topografi dari Kabupaten Subang yang terdiri dari 3 tahapan yaitu lautan (daerah pantai), dataran rendah (Perkotaan) dan Dataran Tinggi (Pengunungan). 

"Kemudian keadaan topografi tersebut juga di terapkan pada pola gradasi warna gerbang yang menggambarkan keadaan topografi tersebut yaitu ada gradasi warna biru yang semakin keatas semakin memudar menggambarkan keadaan topografi semakin ke atas semakin tinggi yang kemudian di akhiri dengan warna hijau yang melambangkan pegunungan dan warna orange mega mendung yang merupakan ciri khas Jawa Barat pula," katanya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut