get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Subang Gelar Simulasi Makan Siang Gratis, Murid Senang Bisa Makan Enak Setiap Hari

Festival Kopi Subang 2023, Ajang Unjuk Gigi Para Barista dan Mengenalkan Kopi Khas Subang

Senin, 28 Agustus 2023 | 19:24 WIB
header img
Bupati Subang Ruhimat dan Wakil Bupati Subang menghadiri Festival Kopi di Ciater, Subang. (Foto: Pemkab Subang)

SUBANG, iNewsSubang.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Jawa Barat menggelar Festival Kopi di Lapang Berdikari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Senin (28/8/2023). Kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Subang Ruhimat, bersama Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi. 

Selain memamerkan berbagai produk kopi, produk pertanian Kabupaten Subang lainnya, dalam festival kopi tersebut juga digelar Talkshow, live musik, dan lomba barista Kopi.

Menurut Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, bahwa Indonesia merupakan lenghasil kopi ketiga dunia dibawah Brazil dan Vietnam, dengan Raihan 11,7 juta kantung pada tahun 2022.

"Bahwa potensi kopi di Indonesia ini sangat memiliki peluang tinggi menjadi produk unggulan" ujarnya. 

Wabup Agus menambahkan, dengan diadakannya festival kopi ini merupakan upaya untuk terus mengenalkan cita rasa kopi Subang. Untuk hal itu, maka produktivitas para petani juga diharapkan terus meningkat. 

"Para petani semangat menanam dan meningkatkan proktivitasnya, sehingga menunjukan bahwa kualitas kopi subang tidak kalah penting dari daerah lainnya" ungkapnya. 

Agus Masykur juga menyampaikan bahwa potensi komoditas kopi akan berbanding lurus dengan luas lahan yang dipersiapkan dan dibutuhkan dalam mengembangkannya. Apalagi perluasan lahan kopi di Kabupaten Subang sangat memungkinkan, melihat masih luasnya lahan tidur di Kabupaten Subang. 

"Bisnis kopi memiliki peluang dan tantangann untuk meningkatkan produktivitasnya, agar kopi Subang bisa diterima di seluruh dunia. Besar harapannya kopi di Subang lebih dikenal lagi sehingga mampu menambah semanagat kami untuk produk pertanian di Kabupaten Subang," jelasnya. 

Sementara menurut Kepala Subdirektorat Pemasaran Hasil Perkebunan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Normansyah Hidayat Syahruddin, bahwa komoditas kopi memberikan dampak positif terhadap pendapatan devisa negara. Ia juga mendukung penuh rencana sekolah kopi yang direncanakan dilaksanakan di daerah Ciater.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut