get app
inews
Aa
Read Next : 10 Perlakuan Istri Akan Memperbanyak Rezeki Suami, Nomor 8 Jangan Abaikan Kekuatan Doa

4 Amalan Sederhana di Hari Jumat tapi Pahalanya Berlipat Ganda, Nomor 1 Orang Mandi Dihadiahi Surga

Jum'at, 16 September 2022 | 14:01 WIB
header img
Amalan sederhana di hari Jumat trapi pahalanya berlipat ganda, salah satunya mandi (Foto: ist)

SUBANG, iNewsSubang.id - Berikut deret amalan sederhana di hari Jumat, pahalanya bisa berlipat ganda dan setara dengan pahala 200 tahun. Hari Jumat dalam agama Islam termasuk hari yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Maka dari itu, setiap Jumat biasanya umat muslim mengamalkan Surat Al Kahfi atau membaca Yasin di samping menghidupkan sholawat kepada Nabi. Tak dipungkiri amalan tersebut memang memiliki keutamaan yang sangat agung.

Selain di atas ternyata masih ada amalan lain yang memiliki fadhilah dahsyat. Amalan ini terbilang jarang diketahui kecuali yang terbiasa menghidupkan sunnah Nabi.

Berikut Amalan Dahsyat di Hari Jumat yang Bernilai Pahala Besar

1. Mandi Jumat

Dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Usfuriyah, Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menukil Hadis dari Abdurrahman bin Zaid bin Aslam bin Mak-hul bahwa ia berkata kalau Ubaidah bin as-Shomit rodhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:


Amalan sederhana di hari Jumat trapi pahalanya berlipat ganda, salah satunya mandi (Foto: ist)

"Barang siapa mandi di hari Jumat dengan niat yang baik maka kulit tubuhnya yang dikenai air akan penuh dengan cahaya. Seluruh kulit tubuhnya itu akan menjadi cahaya pada Hari Kiamat di tempat pemberhentian seluruh makhluk (Mauqif). Tubuhnya akan menjadi cahaya yang bersinar di antara makhluk lainnya.

Kemudian Jumat akan datang dengan menjelma seorang laki-laki. Kepalanya mengenakan mahkota surga. Kemudian Jumat yang menjelma laki-laki itu berkata: "Assalamu'alaika!" Orang yang mandi itu menjawab: "Alaikas Salam!"

Kemudian ia bertanya: "Siapa kamu?" "Aku adalah Jumat dimana kamu pernah mandi. Aku adalah Jumat dimana kamu pernah sholat dan membaguskan sholatmu karena Allah. Aku datang untuk memberikan kesaksian untukmu di sisi Allah," kata Si Jumat.

Kemudian Si Jumat memberikan kesaksian untuk orang yang mandi itu di sisi Allah. Kemudian orang yang mandi itu masuk surga.

Barang siapa mandi di hari Jumat dan memakai pakaiannya, kemudian ia keluar dari rumah untuk menuju sholat Jumat, maka Allah akan menulis setiap langkah yang ia langkahkan sebagai ibadah satu tahun, yaitu ibadah puasa dan sholat.

Kemudian ketika ia masuk masjid dan ia tidak bersenda gurau dan tidak berbicara kecuali berbicara kebaikan maka Allah akan mencatatkan baginya kebaikan sebanyak orang yang sholat Jumat di masjid tersebut. Di mana masing-masing sholat mereka dihitung 25 kali sholat. Bahkan sholat orang yang terakhir datang sekalipun.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut