get app
inews
Aa Read Next : Pengedar dan Kurir Sabu Diringkus Sat Res Narkoba Polres Subang, Puluhan Paket Sabu Berhasil Disita

Wisata Mata Air Cipondok Subang Tertimbun Longsor, 1 Meninggal Dunia, 8 Terluka

Minggu, 07 Januari 2024 | 23:54 WIB
header img
Wisata mata air Cipondok Subang tertimbun longsor. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Wisata mata air Cipondok di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat tertimbun longsor, Minggu (7/1/2024) petang. Satu orang ditemukan meninggal dunia dan 9 orang luka-luka. 

Dari video amatir warga, terlihat wisata mata air alam Cipondok bersama sejumlah warung telah rata oleh timbunan longsor. 

Akibat bencana longsor, seorang pemilik warung, Oom (45) warga setempat ditemukan meninggal dunia. Sementara 8 orang wisatawan lainnya yang berhasil dievakuasi mengalami luka-luka. 

Semua korban dibawa ke Puskesmas Kasomalang dan kini masih tersisa 2 orang yang masih menjalani perawatan. 

Menurut Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jika terjadi longsor susulan, sebanyak 149 orang yang bermukim di Kampung Cipondok dievakuasi ke kampung tetangga. 

"Alhamdulillah 140 jiwa berhasil kita selamatkan, kita evakuasi di tempat yang lebih aman yang jauh dari titik longsor," ujarnya kepada iNewsSubang.id di lokasi pengungsian. 

AKBP Ariek menambahkan, diduga longsor diakibatkan debit air yang cukup tinggi setelah diguyur hujan yang cukup lama di lokasi kejadian. 

"Adapun penyebab dari longsor informasi awal kami tadi cek ke lokasi memang debit air yang meningkat, hujan deras hingga malam pukul 19.00 WIB mengguyur wilayah Subang khusus wilayah selatan," katanya. 

Belum diketahui masih ada atau tidaknya warga yang tertimbun longsor. Apalagi lokasi tersebut merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi. Petugas SAR gabungan juga belum bisa masuk ke lokasi kejadian dan melakukan pencarian karena kondisinya yang masih labil. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut