get app
inews
Aa Read Next : KKN di Desa Pakutandang, Mahasiswa UBK Berikan Penyuluhan PHBS & Edukasi Gizi Pencegahan Stunting

906 Murid SD di Blanakan Subang Ikuti ANBK 2023

Senin, 30 Oktober 2023 | 21:15 WIB
header img
Ratusan murid SD di Blanakan Subang ikuti ANBK 2023. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNewsSubang.id - Sebanyak 906 murid kelas 5 dari 30 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023, Senin (30/10/2023).

ANBK ini akan berlangsung dari tanggal 23 Oktober 2023 hingga 2 November 2023 yang terdiri dari 4 gelombang. Setiap gelombang terdiri dari 2 hari dan setiap hari pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 2 sesi.

Pantauan iNewsSubang.id di salah satu sekolah yakni di SDN Kertajaya, Desa Jayamukti, pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar meskipun di jam-jam awal sempat terkendala lambatnya akses token. 

Menurut Kepala SDN Kertajaya Suhandi, pelaksanaan ANBK hari pertama di sekolahnya berjalan dengan lancar sesuai SOP. Situasi saat pelaksanaan kondusif dan tertib. Koneksinya pun semakin lancar dan baik.

“Untuk pelaksanaan ANBK tahun ini sudah memasuki tahun ke dua menggelar ANBK Mandiri dan kami merasa terbantu sekali dengan adanya bantuan Chromebook sehingga 27 peserta didik siswa kelas 5 bisa melaksanakan ANBK secara mandiri. Semoga hasil kerja keras semuanya membawa kemajuan untuk sekolah kami," ujarnya. 

Sementara itu, Maksudi Operator SDN Jayamukti menjelaskan, sebanyak 30 SD termasuk swasta yang melaksanakan ANBK. 25 SD Yang melaksanakan ANBK Mandiri sekolah, sedangkan yang bergabung sebanyak 5 sekolah. “Jadi total yang melaksanakan ANBK 30 sekolah,” katanya. 

Ditambah Maksudi, ANBK berlangsung setiap gelombang terdiri 2 hari. Hari pertama siswa mengerjakan literasi dan survei karakter. Hari kedua mengerjakan numerasi dan survei lingkungan belajar . 

"ANBK ini, menjadi sebuah tolak ukur tingkat keberhasilan siswa. Hasil ini juga menjadi barometer dalam menjangkau tingkat prestasi dan potensi siswa," pungkasnya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut