Pesawat Terbesar di Dunia Milik Ukraina, Antonov An-225 Hancur Ditembak Rusia

Anton Suhartono
Pesawat Antonov An-225 (foto: routers)

MOSKOW, iNews.id - Pasukan Rusia masih terus melakukan berbagai serangan ke Ukraina. Kali ini, pesawat terbesar di Dunia yang dimiliki oleh Ukraina Antonov An-225 hancur akibat serangan tersebut.

Menurut seorang pejabat Ukraina, serangan pasukan rusia telah menghancurkan pesawat superjumbo yang sedang terparkir di bandara Homstel dekat Kota Kiev pada Jumat pekan lalu.

Perusahaan yang memproduksi pesawat Antonov, dilaporkan akan memperbaiki kembali pesawat kargo tersebut. Diperkirakan restorasi tersebut menelan biasa lebih dari 3 milyar Dollar AS atau Rp. 42 Triliun.

BACA JUGA : Keren! Adu Tinju, Si Salam Dari Binjai Kalahkan Peraih Emas PON XX Papua

Ukroboronprom, perusahaan pertahanan Ukraina yang mengelola Antonov, menjelaskan pesawat akan dibangun kembali menggunakan uang dari Rusia.

"Perbaikan diperkirakan menghabiskan lebih dari 3 miliar dolar AS dan memakan waktu lebih dari 5 tahun. Tugas kami adalah memastikan biaya ini ditanggung oleh Federasi Rusia, yang menyebabkan kerusakan disengaja pada penerbangan Ukraina dan sektor kargo udara," isi pernyataannya, seperti dilaporkan kembali The Sun, Senin (28/2/2022).

Seorang direktur Antonov menjelaskan, pesawat tidak bisa lepas landas saat serangan berlangsung pesawat dikarenakan salah satu mesinnya dibongkar untuk perbaikan.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengecam serangan terhadap pesawat yang dinilai mempunyai banyak jasa itu. Pesawat AN-225 pernah mengirim bantuan setelah gempa bumi di Haiti pada 2010 serta pasokan medis selama pandemi Covid-19.

BACA JUGA : Perbaikan Jalan, Arus Lalin Tol Cipali Subang Tersendat 4 KM saat Libur Isra Mi'raj

"Rusia mungkin telah menghancurkan 'Mriya', tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, merdeka, dan demokratis. Kita akan menang!" ujar Kuleba, dalam cuitan.

Belum dapat dipastikan seberapa parah kerusakan pesawat tersebut. Antonov AN-225 atau juga dikenal dengan Mriya atau 'Mimpi' merupakan pesawat terberat yang pernah dibuat dan telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun.

 

 

 

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit dengan judul : Duh, Pesawat Terbesar di Dunia Antonov AN-225 Hancur Ditembak Pasukan Rusia

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network